Beranda | Artikel
Pemerintahan Al-Qaim Biamrillah
Jumat, 25 Juni 2021

Bersama Pemateri :
Ustadz Ali Musri Semjan Putra

Al-Qa’im Biamrillah merupakan bagian dari kajian Islam ilmiah Faidah-Faidah Sejarah Islam yang disampaikan oleh Ustadz Dr. Ali Musri Semjan Putra, M.A. Hafidzahullah. Kajian ini disampaikan pada Jum’at, 19 Sya’ban 1442 H / 02 April 2021 M.

Download juga kajian sebelumnya: Biografi Singkat Imam Al-Lalika’i

Kajian Tentang Al-Qa’im Biamrillah

Al-Qa’im Biamrillah adalah khalifah yang ke-26. Nama beliau Abdullah bin Ahmad Al-Qadir (Arab: عبد الله القائم بأمر الله أبن أحمد القادر بالله). Beliau lahir di pertengahan bulan Dzulqa’dah, tahun 391 Hijriyah. Ibunya adalah keturunan Armenia, namanya disebut dengan Qotrunnada (Arab: قطر الندى). Beliau menjadi khalifah pada tahun 422 sampai 467 Hijriyah, sekitar 42 tahun.

Al-Qa’im Biamrillah diangkat menjadi khalilfah saat ayah kandungnya wafat. Yang mana sebelumnya sudah mengangkat beliau sebagai putra mahkota. Dan ayahnya juga yang memberi gelar Al-Qa’im Biamrillah kepadanya.

Beliau memiliki wajah yang sangat tampan, rupawan, dan mempunyai postur tubuh yang sangat ideal. Beliau adalah orang yang wara’, menjalankan aturan agama, zuhud dan berilmu.

Ayahnya adalah salah seorang dari ulama syafi’iyyah karena begitu dalamnya ilmu beliau. Tentu tidak diragukan jika anaknya mendapatkan asuhan dan didikan dari orang tuanya sendiri. Orang tuanya juga memiliki kepribadian yang cukup baik, sangat shalih, wara’, taat beragama, zuhud dan berilmu, memililki keyakinan yang kuat kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala, suka sedekah dan memiliki kesaabaran yang luar biasa.

Sifat-sifat ini tentunya sangat ideal bagi seorang pemimpin muslim. Zuhud akan menghalanginya untuk tamak pada kekuasaan dan berbuat dzalim terhadap harta-harta yang dipercayakan kepadanya. Dia bukanlah orang yang berbangga-bangga dengan dunia dan kekuasaannya.

Ini yang perlu dibina dalam generasi kita. Karena sebetulnya yang membuat banyaknya terjadi penyimpangan dalam keuangan negara atau kedzaliman dalam pelaksanaan hukum adalah keinginan yang berlebihan kepada dunia, bukan karena kebutuhan.

Apa faedah-faedah menarik dari biografi Al-Qa’im Biamrillah? Mari download dan simak mp3 kajian yang penuh manfaat ini.

Download MP3 Kajian

Untuk mp3 kajian  yang lain silahkan kunjungi mp3.radiorodja.com


Artikel asli: https://www.radiorodja.com/50331-pemerintahan-al-qaim-biamrillah/